slide foto

Loading...

A BIG WELCOME FROM WARSYI

selamat datang di blog LADESTA,,,,,,,,,,,,,,,
ini adalah salah satu blog Alumni PP. Nurul Haramain NW Narmada
maaf jika dalam blog ini banyak kekurangan dan belum sempurna,,,,,,

Thursday, May 31, 2012

"Semestinya Kita Bisa....." - Sebuah Lentera dari Tuan Guru Hasanain Juaini

oleh Dita Widodo


Setelah “absen” menulis selama 3 hari karena ‘kehebohan” pekerjaan yang seolah tak berjeda, Alhamdulillah akhirnya saya bisa menuangkan “sekilas” oleh-oleh taklim hari Minggu, tanggal 26 Mei 2012 di Islamic Center Bekasi.

Taklim seperti ini jujur saja jarang sekali saya ikuti….karena di weekday, saya harus berkonsentrasi mengemudikan sampan kecil kami bernama usaha. Dan dalam waktu yang 24 jam tersebut juga harus cermat membagi waktu untuk mengurus rumah, membagi sebagian waktu lagi untuk belajar dan membaca buku serta mencoba belajar menulis.

Juga membuat berbagai kegiatan, agar putri kami tidak sempat nonton TV, apalagi main game hingga berjam-jam…Alhamdulillah putri kami sedang giat-giatnya menulis cerita yang semoga sebentar lagi sudah bisa jadi KKPK ( Kecil-Kecil Punya Karya).
Sementara di weekend, juga tak kalah serunya…undangan, beres-beres rumah, arisan RT, arisan RW, dsb…
Jadi aktifitas harian ini tentu saya rasakan selalu heboh,... namun kehebohan inilah yang menjadikan hidup terasa berwarna…:) :)

Maka jika tetangga ada yang berkomentar kok saya jarang muncul di berbagai event pengajian, saya hanya tersenyum dan minta do’anya agar suatu ketika, saya pun bisa punya banyak waktu untuk kegiatan habluminallah tersebut. Semoga Sang Maha Melihat dapat tetap memberikan point reward atas apa yang saya perjuangkan….dan suatu ketika diberikan keleluasaan untuk menuntut lebih banyak ilmu dalam berbagai majelis taklim.

Bersyukur meski sedikit terlambat, akhirnya saya dapat melaksanakan niat dan menunaikan janji terhadap sahabat-sahabat baru saya di MNDCI untuk hadir di taklim dengan tema “Mari Meneladani Abdul Rahman Bin Auf dan Siti Khadijah, RA” yang diselenggarakan pada Minggu, tanggal 26 Mei 2012 di Islamic Center Bekasi.

Sebagaimana kita tahu bahwa facebook adalah salah satu media sosial yang cukup dekat dan familiar di kalangan luas ( anak-anak, remaja, ibu-ibu dan bapak-bapak bahkan eyang-eyang barangkali..?:) red ), maka adalah ide cemerlang menurut saya, jika Ustad Hasanain Juaini, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Haramain, Lombok, NTB, mendorong para ibu untuk memanfaatkan media internet dengan melakukan suatu gerakan moral sebagai wujud kontribusinya dalam memperbaiki negeri ini dengan membuat komunitas di dunia maya, yang dinamai MNDCI.

Group FB MNDCI dimotori oleh sekelompok ibu-ibu Walsantor – Wali Santri Gontor dan terbuka untuk siapa saja yang merasa terpanggil untuk bergabung dengan jihad di dunia maya ini dan semoga dapat dilanjutkan dengan berbagai tindakan nyata. Tidak hanya kaum ibu saja yang bisa bergabung disini….kaum Bapak juga boleh, sebagai penyemangat dan supporter terbaik tentunya…:)
Ataukah calon kaum ibu? Wah, ide segar Anda semua akan menjadi kekuatan super         ( meminjam istilah Pak Mario Teguh…red) untuk melakukan perubahan dunia ke arah yang lebih baik…:)
Jadi siapapun Anda, apapun latar belakang dab profesi jika Anda berkenan untuk bergabung di Group FB MNDCI, hayooo….jangan ragu-ragu untuk bergabung bersama kami ya…?? :)

Diharapkan MNDCI dapat menjadi salah satu wadah untuk berkontribusi sesuai kapasitas masing-masing. Kapasitas yang dimaksud adalah kemampuan dan keleluasaan, dalam bentuk sumbangan ide/gagasan, berbagi inspirasi dan motivasi, penularan berbagai ilmu yang bermanfaat, dan berbagai sumbangan moril maupun materi dalam kegiatan yang semoga dampaknya akan luar biasa bagi perbaikan negeri yang kita cintai ini.

Dari hasil survey Transparency Org, Indonesia menduduki peringkat ke-5 kategori negara terkorup di dunia, dan memegang juara 1 terkorup di Asia…ck ck ck…..
Dan menjadi negara peringkat ke 6 untuk pengedaran narkoba tertinggi di dunia… :( :(

Terlepas dari berbagai faktor politik dan hukum yang belum berjalan maksimal yang kadang mengundang kegalauan kita semua,…. evaluasi terhadap peran kaum ibu sebagai Madrasah Pertama dalam kehidupan manusia, adalah suatu yang layak bahkan wajib dilakukan. Untuk itu, tepatlah kiranya jika MNDCI membidik jantung masalah yang menjadi persoalan tergerusnya mental bangsa dengan memperbaiki kualitas kaum ibu…

Event kemarin itu adalah juga salah satu bentuk dukungan MNDCI dalam dunia nyata.
Kegiatan yang dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran dan taklim meneladani sahabat Rasulullah yang kaya raya yaitu Abdul Rahman bin Auf serta pembahasan sekilas mengenai mata uang dinar oleh Bapak Ali Syawie dan Ust. Ibnu Sina sebagai pengganti dari Bapak Muhaimin Ikbal yang berhalangan hadir. Untuk ulasan mengenai dinar semoga bisa saya tuangkan dalam tulisan lain waktu.

Yang ingin saya bagikan di sini adalah motivasi oleh Ustad Hasanain Juaini yang khusus datang dari Lombok, NTB untuk berbagi spirit, dan inspirasi bagi anggota MNDCI dan seluruh peserta yang hadir.

Ust. Hasanain berbagi kisah seputar perjalanan awal Mei lalu ke India untuk menghadiri undangan dari penyandang dana Chennai Conference for Transformative Leader dan Global Green Economic sebagai salah satu dari 20 undangan terkait pernghargaan yang sebelumnya juga diterima yaitu Raymon Mag Saysay 2011 di Philipina.

Beliau dianggap memiliki kreativitas yang tinggi dalam menyebarluaskan nilai-nilai positif dalam kemanusiaan seperti kesetaraan gender, kerukunan antarumat beragama, pelestarian lingkungan, dan lain-lain.
Buat pembaca yang ingin lebih tahu sebagian pemikiran-pemikiran beliau, silakan buka di http://hasanainjuaini.wordpress.com/2012/04/

Senang,...akhirnya bisa bertemu muka dengan tokoh inspiratif yang awalnya baru saya kenal melalui tayangan Kick Andy 2 Maret 2012 lalu…
Berharap dapat sedikit banyak mempengaruhi pola pikir saya ke arah yang seharusnya…dan mengikuti pola belajar beliau dalam rangka terus berbenah diri, memperbaiki kualitas mental dan spiritual…
Bukankah kita adalah pembelajar sejati? Ternyata sangat banyak guru yang tersebar di dunia yang semakin terasa ciut karena tekhnologi informasi.

Dan benar saja....motivasi yang diberikan Ust. Hasanain kepada seluruh peserta yang hadir sangatlah membangkitkan semangat juang dan semakin membukakan mata ini, bahwa ternyata ada banyak hal di dunia ini yang berjalan timpang...dimana perlu peran dan andil kita untuk meluruskan serta memperbaikinya.

Seperti diceritakan ustad yang berpenampilan bersahaja itu, bahwa di India usia anak-anak hingga remaja dan tua, akan selalu antusias memunguti ”kotoran sapi” yang berserakan di jalan untuk dikeringkan dan dijadikan bahan bakar. Dan pemandangan kerja keras di hampir seluruh lapisan masyarakat....dengan alamnya yang tidak ada apa-apanya dibandingkan kekayaan alam Indonesia.
Maka jika dibayangkan penduduk negeri India ditukar dengan penduduk Indonesia, maka India akan dengan cepat mengubah Indonesia menjadi negara super power, dan kita tinggal menghitung hari untuk kemudian punah.
Kenapa? Karena diakui atau tidak, disadari atau tidak, mayoritas kita adalah anak-anak manja yang tidak mau bekerja keras dan menggunakan segenap kemampuan, akal, dan kreatifitasnya dalam kehidupan sehari-hari.

Tentu analisa dan pemikiran ini tidak ada maksud untuk merendahkan diri sendiri, tapi diharapkan sebagai pelecut semangat bagi kita.....Dengan kekayaan alam yang dimiliki oleh negeri ini, dan dengan semangat juang, kerja keras dan segenap kreatifitas seharusnya kita akan bangkit dan memimpin dunia,....

Dunia Barat memprediksikan bahwa setelah Uni Soviet dan Amerika yang kini menjadi negara super power, maka Cina akan menggantikan mereka memimpin dunia.
Namun, seorang doktor termuda penerima Nobel bernama Reza Aslan, seorang muslim warga Amerika keturunan Arab + Iran mengungkapkan bahwa di masa yang akan datang, dunia akan dipimpin oleh Islam. Jika ini terjadi, maka sejarah jaman keemasan Islam akan berulang....Pernyataan seorang cendekiawan muslim di jantung dunia yang berkiblatkan kapitalisme itu tentu menjadi hal menarik. Dan buat kita tentunya menjadi tantangan, apakah kita akan menjadi agen-agen perubahan itu?

Maka buku tulisan Hanum Salsabila Rais ”Menapak Jejak Islam di Eropa” sangat recommended untuk dibaca menurut saya, karena di sana kita akan semakin meyakini bahwa sesungguhnya Islam adalah agama yang besar di masa lalu, yang menebarkan ajaran kasih sayang bagi seluruh umat di dunia.

Nilai-nilai Islam terus tergerus sepanjang jaman karena umat Islam sendiri-lah yang memutuskan untuk menjadi pengikut dunia Barat...dan menjadi jamaah paham kapitalisme itu sendiri.

Ust. Hasanain menyinggung peranan wanita dalam Islam yang diberi kedudukan di tempat mulia...lihatlah Al Quran menceritakan sosok Siti Khadijah RA, yang adalah saudagar kaya raya. Yang dengan kekuatan ekonominya mendukung perjuangan syiar Islam untuk membenahi kejahiliahan ( kebodohan) yang melanda seluruh negeri.

Juga Ratu Saba, adalah sosok pemimpin yang disegani....Lalu lihatlah Siti Asiyah, istri Fir’aun.....Dengan kelembutannya, ia dapat mempengaruhi Raja Super Power bernama Fir’aun, untuk membiarkan hidup satu bayi laki-laki dan bahkan memungutnya menjadi anak angkat ( yaitu Musa AS )  justru di saat raja zalim itu memerintahkan untuk membunuh semua bayi laki-laki yang lahir sebagai usaha preventif mengamankan kekuasaannya.

Jelas wanita-wanita yang disebutkan kisahnya diabadikan dalam Al-Quran, sebuah kalam murni Ilahi yang diturunkan dengan ditanamkan / disematkan ke dalam dada manusia bernama Muhammad ( karena tidak pakai secarik tulisan apapun), adalah wanita kuat, tegar, kokoh, namun tetap lemah lembut dan berkepribadian tinggi pada jamannya.

Karena hebatnya peran wanita ini, ada sebuah pesan yang didapat dari sahabat Ust. Hasanain ketika hendak meluncurkan sebuah kegiatan/program, yang patut direnungkan adalah :
Jika ada 10 wanita mendukungmu, maka mulailah!
Namun jika ada 10 laki-laki mendukungmu, berhentilah...jangan mulai dulu...!

Lalu, seperti apakah wanita yang dibutuhkan di era modern ini?
Ust. Hasanain Juaini memberikan 4 hal penting yang untuk dicermati, lalu diusahakan oleh masing-masing kita.
  1. Meningkatkan kapasitas diri sendiri.
  2. Memberikan dukungan penuh terhadap keluarga
  3. Memberikan sumbangan kepada masyarakat dalam kapasitasnya masing-masing
  4. Menggalang energi kaum wanita Indonesia
  5. Menjalin kerja sama Internasional
Dan untuk menjalankan itu semua, kuncinya adalah BELAJAR. Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sepanjang nafas masih melekat di badan. Buat saya sendiri, saya mengumpulkan beberapa teknik belajar adalah sbb :
  1. Membaca Buku ( apa saja, dimulai dari yang paling kita minati, lalu ke yang ingin kita ketahui, berlanjut ke segala ilmu lain yang tadinya tidak kita minati, tapi setidaknya kita perlu tahu).
  2. Menyimak tokoh-tokoh terdahulu dan masa kini yang layak untuk diteladani
( termasuk menyimak kiprah dan apa saja yang dilakukan/diusahakan Ust. Hasanain Juaini adalah bagian pembelajaran saya).
  1. Memperdalam penguasaan bahasa asing. Saya ingat di salah satu bukunya, Pak Amien Rais mengatakan, dengan menguasai bahasa Inggris, maka satu dari sekian kunci dunia telah kita pegang. Faktor malas adalah hambatan pertama yang harus kita singkirkan.
  2. Memperluas silaturahim dan pertemanan lintas daerah, lintas agama, lintas negara, sehingga berbagai informasi dan pembelajaran dapat kita dapatkan.
Ohya.....ada satu hal menarik lagi yang disampaikan Ust. Hasanain sepulang dari India. Di pesantrennya, pertanyaan pertama yang diajukan para santri adalah ”Ustad....apa benar di India itu banyak sekali gadis-gadis cantik?”
Yang spontan dijawab dengan sangat tajam ”Tidak ada gunanya wanita cantik jika tidak berilmu dan tidak dapat menempatkan kemuliaannya sebagai wanita”

Jadi menurut beliau, kontes-kontes ratu kecantikan adalah hal paling bodoh yang dilakukan umat manusia... Mereka menyesatkan umat dalam memaknai sebuah kecantikan.  Disadari atau tidak, sesungguhya itu semua adalah bagian dari upaya-upaya kapitalisme menanamkan ideologinya, sehingga pelan tapi pasti manusia akan berkiblat kepada materi dan kebendaan serta hal-hal yang terkait dengan fisik.

Jika sudah merasa dan mendapat anugerah cantik ya...syukuri saja. Itu sudah cukup. Tidak lantas diexploitasi dan diagung-agungkan, karena sesungguhnya kecantikan manusia tidak ada apa-apanya jika ia tidak berilmu alias kosong...

Itu pula mengapa wanita sebagai ibu, dan menjalankan perannya sebagai sekolah pertama bagi semua manusia di muka bumi, harus berilmu...Kita harus menjadi perpustakaan hidup bagi anak-anak...Jangan hanya bisa menyalahkan lingkungan, negara, dsb...jika kemudian anak-anak menjadi pengikut paham hedonisme, menjadi suka ”hang out” di mall, di tempat-tempat clubbing, di super market yang sedang gencar-gencarnya menanamkan investasinya sebagai tempat ”nongkrong” anak-anak muda dengan gaya masa kininya....

Karena sesungguhnya, kewajiban penanaman nilai-nilai di masa golden age mereka ada di dalam rumah....dengan cinta tak bertepi seorang Ibu, mereka akan dapat dengan tegas memposisikan diri di tempat seharusnya, karena mereka paham akan konsep hidup dan kehidupan yang sebenarnya.

Membangun dan memperbaiki sebuah keluarga yang berkualitas, adalah satu-satunya cara untuk memperbaiki negeri ini....

Sebagai penutup, jika pembaca ingin mengikuti topik bahasan di taklim tanggal 26 Mei 2012 lalu, silakan bisa mendengarkan rekamannya di Radio Dakta 107,0 FM pada hari Kamis, 3 Juni 2012 jam 19.00 WIB.

Semoga bermanfaat.

PP. Nurul Haramain akan me-Lounching laptop 'Hi-performence'

HASIL STUDY BANDING KE INDIA

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Sebagai buah musafir ke India, alhamdulillah tahun 2012 ini PP. Nurul Haramain akan me-Lounching laptop 'Hi-performence' Mother Board CORE i 3. Hasil Kolaborasi dengan India, China dan Korea.

Untuk tahap pertama akan diassembly 1050 buah untuk kepentingan Santri dan mahasiswa. Insya Allah pada tahun berikutnya sebanyak 5,000 buah. Jika lembaga lain dan perkantoran Pemerintah mau bekerjasana, maka bisa di assembly lebih dari itu.

Selain Mother Board yang mutakhir (silahkan teliti spek di Gambar) harga dipastikan dibawah Laptop bermerek yang sejenis. jaminan Service 3 tahun dan layanan online dan quick-call.

Mohon Do'a dari semua yang mendukung.

Wassalam

Wednesday, May 30, 2012

WASPADA HARDWARE KEY LOGGER

Bagi IT Lovers yang sering ke WarNet, coba kalian periksa di belakang PC bila ada COLOKAN HITAM... Saya sarankan jangan on line di WarNet tersebut..

Karena alat itu memang sengaja dipasang oleh pihak WarNet dengan tujuan untuk merekam/mengkopi data-data anda yang ada diantaranya, password e-mail, fb, internet banking atau data-data penting lainnya..

Alat ini disebut HARDWARE KEY LOGGER...

Tuesday, May 15, 2012

INFORMASI PENERIMAAN SANTRI BARU PP. NURUL HARAMAIN NW NARMADA TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Informasi Penerimaan Santri Baru tahun pelajaran 2012-2013

PONDOK PESANTREN NURUL HARAMAIN NW NARMADA membuka pendaftaran Santri/Santriwati Baru TP 2012-2013 mulai tanggal 21 Juni s/d 30 Juni 2012.

TEMPAT PENDAFTARAN

a. Santri
Kantor KMI Nurul Haramain NW Putra Narmada, Jl. Tegal Banyu, Lembuak Kebon, Narmada, Lombok Barat 83371, telp. 0370-671633, 08175767295, 081803602137, email: tu_nurulharamainputra@yahoo.com

b. Santriwati
Sekretariat PPNW Narmada Asrama Santriwati, Nurul Haramain Putri NW Narmada, Jl. Hamzanwadi no.05, Lembuak Mekar Indah, Narmada Lombok Barat 83371, telp. 0370-672279, email: tu_nurulharamainputri@yahoo.co.id

SYARAT PENDAFTARAN

Adapun syarat-syarat pendaftaran sebagai berikut:
1. Mengisi Formulir Pendaftaran
2. Menyerahkan fotocopy STTB/Ijazah SD/MI yang sudah dilegalisir sebanyak 3 lembar bagi yang akan masuk MTs dan STTB/Ijazah MTs/SMP bagi yang akan masuk MA
3. Menyerahkan fotocopy SKHUN SD/MI yang sudah dilegalisir sebanyak 3 lembar bagi yang akan masuk MTs dan SKHUN MTs/SMP bagi yang akan masuk MA
4. Menyerahkan fas foto ukuran 3x4 sebanyak 5 lembar
5. membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 20.000,-  

CATATAN

1. Akan diadakan tes ujian masuk dengan materi: Al-Qur'an, B. Indonesia dan Matematika pada tanggal 01 Juli 2012, pengumuman hasil tes tanggal 03 Juli 2012.
2. Pendaftaran ulang dilaksanakan pada tanggal 07 s/d 08 Juli 2012
3. Semua pakaian dan perlengkapan dibawa pada saat pendaftaran ulang serta santri/santriwati langsung di asrama.
4. Calon Santri/Santriwati baru yang telah lulus seleksi dan santri lama melunasi pembayaran tahap I pada saat pendaftaran ulang.

PAKAIAN DAN PERLENGKAPAN

1. Pakaian
a. Seragam Madrasah (Putih Biru untuk MTs dan Putih Abu untuk MA) dan Pramuka (dapat dipesan di Pondok)
b. Pakaian Olahraga (kaos dan Trening Pondok)
c. Pakaian Sehari-hari

2. Perlengkapan
a. Perlengkapan Sekolah
b. Perlengkapan Ibadah
c. Perlengkapan Tidur, Makan, dan Mandi
d. Lemari dengan ukuran panjang 55 cm x lebar 41 cm, dan tinggi 120 cm (dapat dibeli di pondok)


ADMINISTRASI PENDIDIKAN

a. Bulanan
1. Kepondokan/SPP               : Rp.   50.000,-
2. Asrama                               : Rp.   30.000,-
3. Kost/Makan                       : Rp. 200.000,-
4. Komputer & Internet          : Rp.   60.000,-
                                  Jumlah : Rp. 340.000,-

b. 1. Infaq Pembangunan santri/wati Lama        : Rp. 300.000,-
    2. Infaq Pembangunan santri/wati Baru         : Rp. 700.000,-

c. Rincian Pembiayaan
Awal Tahun
1. SPP 2 bulan                           Rp. 100.000,-
2. Asrama 2 bulan                      Rp.   60.000,-
3. Biaya makan 2 bulan              Rp. 400.000,-
4. Komputer 2 bulan                  Rp. 120.000,-
5. Pramuka 1 tahun                    Rp.   15.000,-
6. Kertas 1 tahun                       Rp.   15.000,-
7. Khutbatul 'Arsy                      Rp.   50.000,-
8. Semester 1 dan 2                   Rp.   60.000,-
9. Kesehatan                             Rp.   40.000,-
10. OSNH                                Rp.   30.000,-

                                Jumlah:      Rp. 890.000,- 

Pembiayaan :
Santri/Wati lama (b1 + c)      : Rp. 1.190.000,-
Santri/Wati lama (b2 + c)      : Rp. 1.590.000,-


KURIKULUM PENDIDIKAN

Kurikulum Depag sama seperti Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah pada umumnya
Kurikulum Pondok
1. Imla'
2. Tamrinullughah
3. Muhadatsah
4. Conversation
5. Ushul Fiqh
6. Faraidl
7. Nahwu
8. Sharaf
9. Reading
10. Mahfudzot
11. Tajwid
12. Kesenian Khot
13. Komputer
14. Muthala'ah

KEGIATAN

1. Malam Senin: latihan berpidato bahasa Arab dan Inggris
2. Malam Kamis: latihan berpidato bahasa Indonesia
3. Malam Jum'at: Hiziban/Barzanji/Pengajian Umum
4. Pagi Rabu: latihan percakapan B. Arab dan Inggris dan senam pagi
5. Pagi Jum'at: latihan percakapan B. Arab dan Inggris, lari pagi dan pembersihan umum
6. Kamis Sore: latihan Pramuka

Untuk pendaftaran online silahkan klik link ini ( Daftar Online )

NB: bila ada informasi yang kurang jelas, bisa ditanyakan langsung di lokasi pendaftaran

Monday, May 7, 2012

Informasi Penerimaan dan Pendaftaran IPDN 2012 - 2013


Informasi Penerimaan dan Pendaftaran IPDN 2012 - 2013. IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri bersiap menerima siswa baru untuk mengabdi kepada negara lewat Penerimaan IPDN tahun 2012 ini. Bagi anda para siswa SMA, STM, SMK, SMU, SMEA yang lulus (dan akan lulus), atau bagi para PNS yang berusia maksimal 24 tahun serta telah berdinas minimal selama 2 tahun, maka terbuka kesempatan bagi anda untuk mencoba mendaftar.

Pendaftaran IPDN dimulai dari tanggal 21 Mei 2012 s/d 30 Mei 2012. Berikut ini adalah
Syarat Pendaftaran IPDN tahun 2012.
SYARAT PENDAFTARAN SISWA IPDN TAHUN AJARAN 2012 - 2013
A. PERSYARATAN UMUM / ADMINISTRATIF
  1. Warga Negara Republik Indonesia
  2. Peserta seleksi umum Maksimal 21 (dua puluh satu) tahun;
  3. Peserta seleksi PNS Tugas Belajar maksimal 24 tahun dan mempunyai masa kerja menjadi PNS minimal 2 (dua) tahun.
  4. Tinggi badan peserta seleksi pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm;
  5. Tahun Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Sekolah Menegah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) pendaftar, (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri).
  6. Pelamar IPDN tidak bertato atau memiliki bekas tato dan bagi peserta seleksi Pria tidak ditindik atau bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat;
  7. Nilai rata-rata Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Sekolah Menegah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) minimal (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri), yaitu jumlah total nilai ( UAN + UAS Teori + UAS Praktek) dibagi dengan jumlah mata pelajaran yang memiliki nilai, dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang;
  8. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak minus (Toleransi ± 1);
  9. Bagi Pelamar yang masih duduk di kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA) Tahun 2012, dapat mendaftarkan diri dengan menyertakan Surat Keterangan yang ditandatangani dan disyahkan Kepala Sekolah, yang menyatakan bahwa yang bersangkutan masih duduk di Kelas XII, atau menggunakan surat keterangan Kepala Sekolah dan menyerahkan surat tanda kelulusan selesai ujian nasional;
  10. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian Tingkat Kabupaten/Kota setempat ;
  11. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)/ atau Puskesmas setempat;
  12. Surat Pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan yang diketahui orang tua/wali dan disahkan Kepala Desa/Lurah setempat;
  13. Surat Pernyataan bermaterai Rp.6.000,- yang diketahui oleh orang tua/wali, terdiri dari :
    • Bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau mel;anggar peraturan pendidikan;
    • Bersedia mengikuti proses pendidikan di kampus IPDN Pusat atau Daerah;
    • Bersedia mentaati Peraturan Kehidupan Praja Sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan di IPDN;
    • Pas photo berwarna (latar belakang merah) menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata, ukuran 3 x 4 cm sebanyak 5 (lima) lembar;
  14. Mengisi lembar biodata peserta menggunakan huruf kapital dengan tinta hitam;
  15. Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2012/2013 Khusus bagi pelamar Pegawai Negeri Sipil yang berasal dari lingkungan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, tambahan persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :
    • Berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS);
    • Usia setinggi-tingginya 24 tahun pada tanggal 1 September 2012 dan mempunyai masa kerja menjadi PNS minimal 2 (dua) tahun.;
    • Ditugaskan oleh Gubernur/Bupati/Walikota yang bersangkutan;
    • Belum pernah dikenakan sanksi hukuman disiplin berdasarkan PP Nomor 30 Tahun 1980 dan PP Nomor 53 Tahun 2010;
    • DP-3 2 (dua) tahun terakhir rata-rata bernilai Baik setiap unsurnya.

B. KELENGKAPAN ADMINISTRASI PENDAFTARAN CALON IPDN 2012:
Pada saat mendaftar kepada Panitia, para Calon Peserta Tes diwajibkan menyampaikan kelengkapan administratif sebagai berikut :
  • Photo Copy Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) tahun kelulusan mulai 2009, 2010 dan 2011 dengan nilai minimal rata-rata 7(ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri), yaitu jumlah total nilai ( UAN + UAS Teori + UAS Praktek) dibagi dengan jumlah mata pelajaran yang memiliki nilai, dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.
  • Bagi Pelamar yang masih duduk di kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA) Tahun 2012 menyertakan Surat Keterangan yang ditandatangani dan disyahkan Kepala Sekolah, yang menyatakan bahwa yang bersangkutan masih duduk di Kelas XII, atau menggunakan surat keterangan Kepala Sekolah dan menyerahkan surat tanda kelulusan selesai ujian nasional;
  • Photo copy akte kelahiran/surat kenal lahir yang telah dilegalisasi oleh Pejabat berwenang (pada saat mendaftar Peserta memperlihatkan Akte/Surat yang asli) ;
  • Biodata Peserta yang telah diisi secara lengkap (formulir disediakan oleh Panitia);
  • Pas Photo berwarna (latar belakang merah) menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata ukuran 3 x 4 sebanyak 5 (lima) lembar;
  • Bagi peserta seleksi dari PNS Tugas Belajar melampirkan surat izin dari pimpinan/atasan pada Instansi tempat bertugas.
C. WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN
Pendaftaran Peserta Seleksi Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri tahun akademik 2012 dibuka mulai tanggal 6 Mei 2012 hingga 17 Mei 2012 bertempat di Badan / Kantor / Bagian Kepegawaian masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota.

D. SYARAT-SYARAT MENJADI CALON PRAJA IPDN :
  1. Lulus Persayaratan Umum/Administratif;
  2. Lulus Tes Psikologi ;
  3. Lulus Tes Kesehatan yang dinyatakan oleh Tim Penguji Kesehatan Provinsi;
  4. Lulus Tes Kesamaptaan yang dinyatakan oleh Tim Kesamaptaan Provinsi;
  5. Lulus Tes Akademis yang terdiri dari: Pancasila; UUD 1945; Pengetahuan Umum (Sejarah, Kebijakan Pemerintah, Otonomi Daerah, Hukum, Pengetahuan Dalam dan Luar Negeri); Bahasa Indonesia; Bahasa Inggris; Matematika.
  6. Lulus Tes Penentuan Akhir (PANTUKHIR);
E. TAHAPAN SELEKSI/MATERI UJIAN DAN WAKTU PELAKSANAAN UJIAN
Seleksi dilakukan melalui tahapan sebagai berikut :
  1. Seleksi Administrasi oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri);
  2. Tes Psikologi oleh Lembaga Psikologi yang ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri dilaksanakan di Ibu Kota Provinsi (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri);
  3. Tes Kesehatan dan Kesamaptaan dilaksanakan di Ibu Kota Provinsi (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri);
  4. Tes Akademis oleh Kementerian Dalam Negeri dilaksanakan di Ibu Kota Provinsi (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri) dengan materi sebagai berikut :
  5. Pancasila;
  6. UUD 1945;
  7. Pengetahuan Umum (Sejarah, Kebijakan Pemerintah, Otonomi Daerah, Hukum, Pengetahuan Dalam dan Luar Negeri);
  8. Bahasa Indonesia;
  9. Bahasa Inggris; Matematika.
  • I. Penentuan Akhir dilaksanakan oleh Panitia Penentuan Akhir yang ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang Jawa Barat (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri).
  • II. Penyampaian Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Kelulusan dan diterima menjadi Calon Praja IPDN di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang Jawa Barat (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri).

F. LAIN-LAIN
  1. Persyaratan umum/administratif selain Angka Romawi II di atas, dipenuhi setelah Peserta dinyatakan Lulus Tes Akademis;
  2. Kelengkapan persyaratan administratif yang harus diserahkan oleh peserta pada saat mendaftarkan diri kepada Panitia Kabupaten/Kota dibuat dalam rangkap 3 (tiga), disusun rapi dan dimasukkan kedalam stofmap berwarna biru;
  3. Bagi peserta seleksi Calon Praja IPDN yang pada tahun 2012 masih berada di kelas XII SMA/MA, dan dikemudian hari ternyata yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus SMA/MA dan/atau nilai rata-rata STTB SMA/MA tidak memenuhi syarat (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri) maka dinyatakan GUGUR walaupun yang bersangkutan telah dinyatakan lulus seleksi sebagai Calon Praja IPDN.
  4. Tes Kehamilan dan Tes Narkoba akan dilakukan pada saat penentuan akhir di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang Jawa Barat;
  5. Biaya seleksi untuk setiap tahapan tes dibebankan kepada peserta seleksi.
  6. Seleksi penerimaan Calon Praja IPDN menggunakan sistem gugur yaitu para peserta dapat mengikuti tahap seleksi berikutnya apabila dinyatakan lulus/memenuhi syarat pada tahap sebelumnya.
  7. Pelamar yang dinyatakan tidak lulus tes, maka seluruh kelengkapan administrasi pendaftaran yang diserahkan tidak dikembalikan.